06 April 2021

Tips Belajar Gitar Akustik/Klasik Agar Cepat Mahir untuk Pemula


Dibandingkan belajar gitar elektrik, mempelajari gitar akustik atau klasik akan lebih rumit dan susah. Maka dibutuhkan konsistensi, keinginan kuat, dan kesabaran saat ingin belajar gitar akustik atau klasik.

Ketika belajar gitar akustik ataupun klasik, sangat dianjurkan memakai gitar dengan senar nylon agar suaranya terdengar khas. Untuk kamu yang ingin belajar, ulasan ini akan membahas mengenai tips belajar gitar akustik/klasik agar cepat mahir bagi pemula. 

Enam Tips Belajar Gitar Akustik/Klasik Agar Cepat Mahir


1. Berlatih penjarian

Berlatih penjarian ini maksudnya membiasakan tangan kanan memetik senar. Memetik gitar juga tidak boleh sembarangan karena ada dua teknik yang bisa dipraktekkan.

Teknik gunting yakni memetik senar secara bergantian dengan memakai jari tengah dan jari telunjuk. Lalu, teknik yang kedua yakni membiasakan memetik senar memakai tiga jari. 


2. Berlatih membaca notasi balok

Kemampuan membaca notasi balok atau partitur sangat penting. Hal itu karena karya-karya dari composer klasik seperti Bach dan Bethoven hanya ada dalam partitur.

Karya-karya tersebutlah yang biasanya akan dimainkan pada proses permulaan belajar gitar klasik. Kemampuan memahami notasi balok juga dapat diandalkan saat kamu sudah mahir bermain gitar dan ingin menciptakan karya musik. 


3. Memahami nada

Selain bisa membaca notasi balok, berlatih memahami nada merupakan salah satu tips belajar gitar akustik/klasik agar cepat mahir. Memahami nada pastinya membutuhkan waktu, latihan harus dilakukan secara terus-menurus.

Cara umum yang bisa dilakukan untuk memahami nada yaitu dengan memperbanyak mendengarkan musik dan lagu. Setelah itu, perhatikan dan temukan nada-nadanya sampai persis.

 

4. Membangun kekuatan fret tangan

Agar tangan tidak terasa kaku, maka perlu melakukan fret sebelum bermain gitar. Caranya yakni dengan meremas benda atau objek yang memilik bentuk seperti bola.

Apabila tidak ada objek yang berbentuk seperti bola, tetap bisa dilakukan dengan spons atau squishy. Tidak perlu lama-lama, waktu yang dibutuhkan kurang lebih hanya 5 menit.


5. Mencoba memainkan lagu

Jika kamu bosen berlatih teknik terus-menerus, cobalah untuk memainkan sebuah lagu. Belajarlah menguasai satu lagu terlebih dahulu. Intinya, jangan pindah ke lagu lainnya apabila belum menguasai lagu yang sebelumnya. Jika sudah fokus sampai mahir dengan satu lagu, baru boleh pindah belajar memainkan lagu yang satunya.


Baca juga:

Daftar gitar Yamaha (custom) di bawah 500 ribuan


6. Rutin dan sering latihan

Tips belajar gitar akustik/klasik agar cepat mahir yang terakhir adalah rutin dan sering latihan. Selain rutin belajar teori, kamu juga harus rutin berlatih agar terbiasa memetik senar.

Setiap hal yang dilakukan secara rutin dan terus menerus, yang tadinya tidak bisa akan menjadi mahir seiring berjalannya waktu. Setidaknya luangkan 5 hari dalam seminggu selama kurang lebih satu jam untuk latihan.


Related Posts

AF Music Studio