13 Maret 2021

Untuk Pemula, Sebaiknya Pakai Gitar Klasik atau Akustik?


Bermain gitar merupakan hobi yang cukup menarik. Cara bermainnya tidak sesulit yang dibayangkan sehingga digemari oleh berbagai kalangan. Pertanyaan yang sering dilontarkan ketika akan memulai untuk belajar ialah untuk pemula, sebaiknya pakai gitar klasik atau akustik?

Tentu saja sebagai pemula kamu dapat mulai belajar dari berbagai hal. Berikut ini 4 dasar pemilihan gitar yang cocok untuk pemula.


Menurut Style Bermain

Cara bermain gitar tentunya menjadi hal yang cukup berpengaruh pada jenis musik yang kamu bawakan. Hal ini tentunya dapat menjadi perdebatan yang cukup sengit mengenai untuk pemula, sebaiknya pakai gitar klasik atau akustik.

Jika kamu menggunakan gitar klasik, maka kamu akan terbiasa menggunakan gitar dengan suara yang jernih dan juga cocok untuk lagu klasik.

Sementara itu jika kamu menggunakan gitar akustik, gitar ini lebih cocok digunakan untuk lagu-lagu pop masa kini. Cara bermain gitar akustik cukup berbeda dari gitar klasik. Suaranya bergema lebih panjang dan juga lebih nyaring. Kamu dapat mengaplikasikan beberapa teknik yang berbeda dari gitar dengan jenis klasik.


Kemudahan dalam Teori

Teori dalam bermain gitar tentunya berbeda di setiap jenis permainan dan lagu yang ingin dibawakan. Kamu dapat belajar chord untuk membawakan lagu pop.

Kamu dapat membawakan lagu pop dengan asik jika kamu belajar lebih dalam mengenai chord lagu. Untuk membawakan lagu pop kamu akan membutuhkan progresi chord dan juga berbagai aksen yang memberikan emosi.

Sebaliknya, jika kamu memperdalam di gitar klasik, kamu akan belajar berbagai teknik yang unik dan juga indah. Permainan lagu klasik membutuhkan kepiawaian dalam memainkan nada dan memetik senar.

Kamu akan belajar mengenai berbagai teknik yang diperlukan dalam membawakan lagu-lagu klasik yang penuh dengan teknik.


Kemudahan dalam Beradaptasi

Untuk pemula, sebaiknya pakai gitar klasik atau akustik?

Pertanyaan ini tentu akan langsung muncul di benak kamu ketika mempertimbangkan kemudahan dalam beradaptasi dengan gitar. Ketika kamu akan mulai bermain, jari-jari kamu perlu dibiasakan dengan tekanan yang didapat dari tiap-tiap senar yang ditekan untuk menghasilkan nada.

Pada awal bermain gitar tentunya jari kamu akan terasa sakit oleh karena belum pernah memegang senar. Hal ini dapat menjadi salah satu alasan pemilihan gitar untuk pemula.

Kamu dapat memilih untuk belajar dengan senar nilon yang tidak terlalu sakit dengan terlebih dahulu, ataupun langsung belajar dengan senar yang terbuat dari besi.


Baca juga:

Berapa lama belajar gitar klasik / akustik sampai mahir?


Minat dan Bakat

Minat dan bakat tentu menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam belajar alat musik gitar.

Untuk pemula, sebaiknya pakai gitar klasik atau akustik menjadi pertanyaan yang perlu dijawab sebelum memutuskan untuk memilih gitar yang akan dibeli ataupun memilih jenis permainan yang akan difokuskan.


Related Posts

AF Music Studio