06 Maret 2021

Ini Dia Beragam Tips Cara Merawat Gitar Akustik / Klasik yang Benar


Gitar akustik / klasik menjadi alat musik yang banyak diminati karena kemudahan penggunaannya. Jika kamu merupakan salah satu peminat gitar akustik / klasik, wajib hukumnya mengetahui prosedur perawatan agar kondisinya tetap baik. Jadi, perhatikan beragam tips cara merawat gitar akustik / klasik berikut ini dengan baik.


Menggunakan senar dengan kualitas terbaik

Pemilihan senar yang berkualitas menjadi salah satu tips cara merawat gitar akustik / klasik dengan benar. Senar yang berkualitas bisa membuat bagian neck atau leher gitar awet. Selain itu, senar yang berkualitas akan terasa nyaman ketika dimainkan. Jadi, gitar akustik / klasik bisa dipakai secara nyaman untuk jangka panjang.


Menjaga keamanan gitar

Keamanan dari gitar akustik / klasik juga harus diperhatikan. Jangan sampai gitar terkena benturan karena jatuh ataupun tersenggol. Hal ini akan membuat bagian-bagian gitar menjadi lecet dan rusak.

Selain itu, kualitas suara yang dihasilkan juga berkurang drastis. Jadi, kamu harus memastikan kembali keamanan dari gitar akustik / klasik jika memilikinya.


Mengendurkan senar gitar

Mengendurkan senar menjadi salah satu tips cara merawat gitar akustik / klasik yang benar. Ketika senar dikendurkan, bagian neck atau leher akan stabil dan posisinya lurus. Jika senar tidak dikendurkan, kualitas suaranya berkurang dan bagian-bagian dalam gitar menjadi tidak sempurna.


Memilih tempat penyimpanan yang aman

Pilihlah tempat yang aman untuk menyimpan gitar akustik / klasik. Jangan menaruh gitar di lantai atau disandarkan di tembok karena rawan akan benturan. Benturan ini yang menyebabkan gitar menjadi cepat rusak.

Taruhlah gitar pada hanger atau stand yang khusus untuk penyimpanannya. Dengan demikian, gitar akustik / klasik tetap aman untuk penggunaan sehari-hari.


Memperhatikan suhu tempat penyimpanan gitar

Perhatikan suhu di area penyimpanan gitar. Suhu yang terlalu rendah bisa membuat gitar menjadi lapuk sehingga tidak berumur panjang. Suhu yang terlalu panas bisa membuat lem di tubuh gitar mencair.

Jadi, usahakan suhu penyimpanan gitar minimal 150 celcius dan maksimal 280 celcius. Selain itu pastikan kelembaban udara penyimpanan gitar minimal 35% dan maksimal 50%.


Memperhatikan kebersihan gitar

Terakhir, jaga kebersihan gitar secara teratur. Usahakan minimal seminggu sekali terutama pada bagian leher dan bodi. Hal ini berfungsi agar kondisi gitar tetap baik sehingga nyaman ketika dimainkan.


Baca juga:

Cara agar suara gitar bagus dan empuk, serta terjaga tahan lama


Itulah beragam tips cara merawat gitar akustik / klasik yang harus kamu perhatikan jika memilikinya.

Gitar akustik / klasik yang dirawat dengan baik membuatnya enak ketika dimainkan. Sebaliknya, gitat akustik / klasik yang kurang dirawat dengan baik membuatnya cepat rusak.

Jadi, perhatikan kondisi gitar akustik / klasik milikmu mulai dari sekarang.


Related Posts

AF Music Studio