15 Maret 2021

Gitar Klasik Terbaik dan Termahal di Dunia


Gitar merupakan salah satu alat musik petik yang banyak disukai banyak orang. Alat musik gitar adalah jenis alat musik yang mudah dimainkan oleh siapapun. Gitar memiliki beberapa jenis seiring berjalannya waktu dan bergantinya jaman. Perbedaan jenis gitar pun dapat dilihat dari material pembuatannya dan juga nada yang dihasilkan. Seperti halnya beberapa gitar klasik terbaik dan termahal di dunia berikut ini.

Untuk gitar klasik biasanya sangat identik dengan senarnya yang dapat menghasilkan nada yang halus dan lembut khas jaman dahulu. Di antara genre yang cocok untuk dimainkan dengan gitar klasik yaitu bossa nova dan jazz.

Untuk memilih gitar klasik diusahakan untuk memilih gitar berbahan string sebagai senar standar. Bagi kamu yang sedang mencari info gitar klasik, di sini akan dijelaskan mengenai gitar klasik terbaik dan termahal di dunia. Gitar-gitar tersebut di antaranya yaitu:


Gibson J-160


Gitar klasik terbaik dan termahal di dunia pertama yaitu gitar Gibson J-160. Sang empu dari gitar ini yaitu John Lenon. Gitar ini menemani perjalanan John Lennon ketika rekaman albumnya The Beatles – Please Please Me and With The Beatles. Gibson J-160 ini hilang karena tertinggal secara tidak sengaja ketika John Lennon konser bersama The Beatles pada tahun 1963.

Setelah beberapa tahun menghilang, pada tahun 1967 ditemukan di toko alat musik dan dibeli oleh Tommy Pressley dengan harga 145 Euro atau 2,3 juta rupiah. Kemudian gitar dibeli oleh John McCaw pada tahun 2014 dengan harga 2 juta Euro atau 32,9 milyar rupiah dan uang penjualan dibagi dua dengan istri Lennon.


Martin OM-45 Deluxe


Gitar klasik ini dibuat sekitar tahun 1930 dan memiliki harga yang cukup mahal. Pemilik gitar ini yaitu Roy Rogers yang membeli gitar dengan harga 30 dolar atau Rp 400.000 pada waktu itu. Kemudian pada tahun 2009, gitar milik Rogers ini dilelang dan terjual dengan harga 8 milyar rupiah.


Martin D-18

Gitar buatan Martin yang diproduksi pada tahun 1942-1945 ini sempat dimiliki oleh seorang musisi berkebangsaan Amerika Serikat yang bernama Elvis Presley. Gitar ini sempat dilelang pada tahun 1993 dengan harga USD 151.700 atau Rp 2,1 milyar oleh Michael Malone. Pada tahun 1998 gitar ini diserahkan ke The Rock and Roll Hall of Frame. 


CF Martin & Co


Gitar ini pernah dimiliki Eric Clapton pada tahun 1939. Dan akhirnya ia melelang gitarnya untuk yayasan rehabilitasi yang didirikannya. Dari hasil lelang tersebut, gitar ini terjual dengan harga USD 791,500 atau sekitar 11,4 milyar. Harga yang sangat fantastis tentunya.


Baca juga:

Untuk pemula, sebaiknya belajar gitar akustik atau klasik?


Itulah berbagai ulasan mengenai gitar klasik terbaik dan termahal di dunia. Kisah-kisah mereka tentunya sangat menarik dan menginspirasi, kan!


Related Posts

AF Music Shop